• MAN BANDUNG BARAT
  • Madrasah Sehat Madrasah Motekar

Galakkan Adiwiyata, Dinas Lingkungan Hidup Adakan Sosialisasi Tendik dan Kependidikan SD, SMP, dan MAN Bertempat di MAN Bandung Barat

MAN Bandung Barat dan 15 sekolah di bawah Kementerian Pendidikan mengadakan Sosialisasi dan Pembinaan Adiwiyata oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat yang bertempat di Aula MAN Bandung Barat. Acara sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan tenaga pendidik dan kependidikan SD, SMP dan Tim Adiwiyata MAN Bandung Barat, Rabu (15/9).

Pada sambutannya kepala MAN Bandung Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Bandung Barat yang telah mengadakan kegiatan sosialisasi dan pembinaan Adiwiyata kepada MAN Bandung Barat karena program Adiwiyata merupakan program unggulan yang sudah dicanangkan sejak 2019 sehingga bisa bekerjasama, bertukar informasi dan pikiran dengan Dinas lingkungan hidup Bandung Barat.

" Adiwiyata adalah tempat yang baik dan ideal di mana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia nenuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju pembangunan berkelanjutan." ungkapnya.

Menurut Kepala Bidang tata kelola lingkungan hidup Bandung Barat,
Zamilia floreta SP. MSi mengatakan bahwa Pembinaan Adiwiyata bertujuan sosialisasi dan pembinaan untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata, meningkatkan kapasitas kelembagaan dan SDA dalam pengelolaan program Adiwiyata, meningkatkan pencapaian kinerja pengelolaan Adiwiyata di Kabupaten Bandung Barat.

" Dengan sosialisasi dan pembinaan ini diharapkan adanya kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup Bandung Barat dengan sekolah binaan, guna mendapat predikat sekolah Adiwiyata", tuturnya.

Pada kesempatan ini yang menjadi narasumber adalah Drs Dede Suparjo dari SMAN 2 Padalarang dan dan Prio Sulistyono.
Dede memaparkan materi tentang program Adiwiyata serta menyampaikan 4 komponen dan 8 standar untuk menuju sekolah Adiwiyata. Mendidik siswa untuk peduli tentang sampah, air, dan pohon. Jika ketiga hal tersebut sudah diterapkan dan didukung sekolah maka lingkungan sekolah akan menjadi nyaman untuk kegiatan belajar mengajar dan menjadi salah satu pendukung keberhasilan.

"Pelaksanaan program sekolah dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan juga meningktakan kepercayaan dan daya dukung masyarakat kepada sekolah", Paparannya.

Sedangkan Priyo menyampaikan materi pengisian kuisioner tentang adiwiyata.

" Sekolah Adiwiyata bukanlah sebuah lomba untuk menang atau kalah, tapi juga sebuah kewajiban karena lingkungan yang kita tempati harus kita jaga kelestariannya", pesannya.

Pada akhir acara penandatanganan MoU antara MAN Bandung Barat dengan lingkungan hidup yang disaksikan oleh peserta kegiatan sosialisasi dan pembinaan sekolah Adiwiyata.

Kontributor: Dede Hermawan
Editor: Khoirul Ummah

Komentari Tulisan Ini