• MAN BANDUNG BARAT
  • Madrasah Sehat Madrasah Motekar

PKKM MAN Bandung Barat, Standarisasi Kinerjanya Kepala Madrasah

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MAN Bandung Barat berlangsung tertib, santai, dan kekeluargaan, Senin (13/09). Acara dibuka oleh Drs. H. Sanukri, S.H., M. M., selaku Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Bandung Barat. Kemudian dilanjutkan presentasi dari H. A. T Saepuloh—Kepala Madrasah yang dinilai—dan dilanjutkan pemeriksaan bukti fisik.

PKKM di MAN Bandung Barat dilaksanakan oleh Tim Penilai yang terdiri dari Kepala Kabid. Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat, Drs. H. Endin Wahidin, M.Si; Pengawas Madrasah, DR. Unang Junaedi, M.Pd dan Didin Setiawan, M.Pd; Komite Madrasah, H. Abun Bunyamin, M. Ag dan Kiki Rosadi, S.Pd.; Tenaga Pendidik, Dedi Sutanto, S.Pd dan Hj. Elisa Yustina, S. Pd; dan Tenaga Kependidikan, Ali Nurdin, S.H.I dan Sahrul Husaeni, S.Pd.I.

Dalam pembukaannya, Sanukri menyampaikan dukungannya agar PKKM dapat berjalan dengan baik dan sungguh-sungguh.

"Kegiatan PKKM agar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan supaya bukti fisik dokumen-dokumen PKKM disiapkan sebaik-baiknya," pesannya yang disampaikan melalui aplikasi virtual zoom meeting.

Selanjutnya, dalam presentasinya selaku Kepala MAN Bandung Barat, A.T. Saepuloh menyampaikan bahwa MAN Bandung Barat merupakan Madrasah Aliyah Negeri satu-satunya di Bandung Barat yang memiliki beberapa keunggulan, yaitu Unggulan Akademik, Madrasah Riset, Madrasah Ramah Anak, Madrasah Sehat, Madrasah Adiwiyata, dan Madrasah Motekar yang memiliki arti “Mandiri, optimis, terampil, empati, kreatif, akseleratif dan religius”.

Selanjutnya, DR. Unang selaku pengawas madrasah dan juga tim penilai menyampaikan bahwa indikator penilaian PKKM meliputi lima unsur utama, yaitu: (1) Usaha Pengembangan Madrasah, (2) Pelaksanaan Tugas Manajerial, (3) Pengembangan Kewirausahaan, (4) Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan, dan (5) Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Dia pun menjelaskan bahwa Penilaian Kinerja Kepala Madrasah bertujuan untuk menghimpun informasi sebagai dasar untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi kepala madrasah, menyediakan informasi sebagai dasar dalam sistem peningkatan promosi, dan karir kepala madrasah serta bentuk penghargaan lainnya. “Saya berharap kegiatan ini menjadikan silaturahmi antara madrasah dengan pengawas semakin baik dan kuat. Dan dengan kegiatan PKKM ini dapat meningkatkan kinerja kepala madrasah dalam menjalankan peran-fungsi sesuai dengan standar kompetensi kepala madrasah,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Komite MAN Bandung Barat, H. Abun menyampaikan harapannya kepada kepala MAN Bandung Barat agar dapat meningkatkan sumber daya manusia yang hebat supaya visi misi MAN Bandung Barat menjadi madrasah unggulan berjalan dengan baik. "Untuk menjadikan madrasah yang unggul tentu harus dibarengi dengan sumber daya manusia yang kompeten agar slogan madrasah unggulan akademik yang disematkan kepada MAN Bandung Barat berjalan dengan baik, kalau tidak maka hanya mimpi disiang bolong," tuturnya.

Kegiatan PKKM di MAN Bandung Barat berjalan dengan lancar dan mulus, walaupun masih ada beberapa unsur yang belum lengkap untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi kemajuan MAN Bandung Barat.

Komentar

Nama Komite nya salah,bukan H Bubun,tp H Abun Barangkali...Dimaklumi,Krn mngkn penulisan/pengetikannya tergesa gesa Sukses utk MAN KBB

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Juara JAMBORE OSIS IV 2022

16/03/2022 09:03 - Oleh Administrator - Dilihat 62 kali
MAN Bandung Barat menerima Tim Kunjungan Komisi VIII DPR RI dan Subdit KSKK Kementerian Agama

Inmas MAN Bandung Barat —MAN Bandung Barat menerima Tim Kunjungan Komisi VIII DPR RI dan Subdit KSKK Kementerian Agama, kemarin, Kamis (30/9). Rombongan komisi VIII dipimpin oleh

30/09/2021 15:35 - Oleh Administrator - Dilihat 151 kali