• MAN BANDUNG BARAT
  • Madrasah Sehat Madrasah Motekar

Workshop Kiat-Kiat Sukses Dan Strategi Penulisan Proposal MYRES

Cililin (INMAS MAN BANDUNG BARAT). Dalam rangka mengembangkan madarasah akademik unggulan, MAN Bandung Barat menggelar workshop kiat-kiat sukses dan strategi penulisan proposal agar diterima dan lolos dalam kompetisi karya ilmiah Myres.Cililin (INMAS MAN BANDUNG BARAT). Dalam rangka mengembangkan madarasah akademik unggulan, MAN Bandung Barat menggelar workshop kiat-kiat sukses dan strategi penulisan proposal agar diterima dan lolos dalam kompetisi karya ilmiah Myres.
Kegiatan yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting ini, dihadiri oleh seluruh siswa yang mengikuti Myres beserta para guru pembimbing. (Sabtu,17/7/2021). 
Dalam kesempatan ini, Kepala MAN Bandung Barat Drs. H.AT Saepuloh, M.M.Md, memberikan kata sambutan sekaligus menjelaskan bahwa workshop ini  merupakan langkah MAN Bandung Barat sebagai sekolah yang ditunjuk sebagai Madrasah riset oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.
"Workshop ini untuk meningkatkan kompetensi akademik dan kemampuan  peserta dalam penelitian," tuturnya. Beliau pun menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai persiapan para siswa yang akan berkompetisi dalam Myres. 
Hadir sebagai narasumber kegiatan workshop ini, Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Kementerian agama RI, Dr. Suawardi, M.Pd. dan Enik Kurniati, M.Pd, Guru Karya Ilmiah Remaja (KIR) teladan Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur.  Suwardi memaparkan tujuan adanya penunjukan madrasah riset adalah untuk mengembangkan minat bakat siswa serta membentuk siswa berpikir kritis menuju siswa inovatif dan produktif agar melahirkan para peneliti muda yang handal di masa depan. 
"Salah sat ciri madrasah maju adalah jika siswa/i nya sering melakukan riset," papar Suwardi. 
"Penerapan riset di madrasah bisa dilakukan dengan menempatkan riset sebagai mulok atau riset ditetapkan sebagai ekstrakurikuler atau bisa juga diterapkan dua-duanya. Dan keberadaan riset diakui di SIMPATIKA. Adapun syarat pelaksanaan madrasah riset  adalah harus terdapat guru yang bisa dan mampu mengajarkan riset, terdapat kelas/ekskul riset, dilakukan ujian riset bagi siswa/siswi, dan dilakukan pembinaan secara rutin terkait skema penelitian  hingga tahap-tahap mengikuti Myres," tambahnya.
Dalam kesempatan yang sama, Enik Kurniawati, M.Pd menyampaikan, "Sebelum membuat proposal penelitian  harus mengetahui dahulu tujuan penelitian, yakni apakah kategori penemuan, pembuktian, dan pengembangan."
Selanjutnya Enik menjelaskan bahwa melakukan penelitian harus disesuaikan dengan kemampuan, sehingga peneliti paham dengan apa yang diteliti. Lalu saat membuat judul, harus menarik, dan membuat kesan “menggoda”. 
"Peserta Myres wajib memahami juknis sehingga dapat memahami secara menyeluruh aturan yang harus dilakukan dalam lomba. Juga wajib memahami template, contoh: Kajian teori harus minimal 250 kata dan maksimal 500 kata (tidak boleh lebih), judul penelitian harus sesuai dengan tema, original, up to date, bermanfaat, unik, dan menarik." tambahnya. 
Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan sharing antara peserta dan narasumber, berkaitan dengan judul penelitian yang akan dilombakan dalam ajang Myres.
Kontributor : Dede HermawanEditor : Ummah Ch

Komentar

Manfaat untuk calon peserts

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Lagi, MAN Bandung Barat Adakan Workshop Teknis Menulis Proposal Myres

Untuk mewujudkan terbentuknya guru yang Profesional dalam penelitian dan meningkatkan kompetensi akademik, para Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN Bandung Barat mengikuti kegiatan W

23/07/2021 14:10 - Oleh Administrator - Dilihat 177 kali